Cara Membasmi Rayap di Rumah

 

pembasmirayapkayu

Cara Membasmi Rayap di Rumah dengan mudah-Rayap memang menjadi salah satu persoalan yang sangat pelik, keberadaannya di setiap rumah sudah pasti sangat tidak diinginkan oleh semua orang. sebab banyak rumah yang bisa rusak akibat ulah binatang ini mereka memakan kayu dimanapun mereka jumpai dan lebih parahnya lagi mereka bisa berkoloni hingga berkembang biak di tempat dimana mereka menemukan kayu tersebut. Bukan sedikit jumlahnya jika dibiarkan dalam waktu setahun saja, maka jumlahnya akan melampau batas yang anda pikirkan bukan ribuan ekor namun bisa jumlahnya mencapai jutaan. permasalahan ini sebeneranya sudah ada sejak lama namun orang masih kebingungan dengan cara membasmi rayap di rumah mereka secara efektif.  Kami akan coba paparkan bagaimana cara atau tips membasmi rayap di rumah anda.

Berikut adalah metode membasmi rayap paling mudah dengan Semprot dan Umpan:
Jika tanda-tanda serangan rayap mulai nampak, ada butir-butir halus berwarna putih dan bagian kayu bangunan yang keropos. Tindakan harus segera diambil. Jika tidak, serangga bersayap ini membuat kerusakan yang lebih parah.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk ini. Pertama dengan penyemprotan. Bagian bangunan yang menununjukkan gejala serangan rayap disemprot dengan termitisida. Cara ini akan membasmi rayap yang bersarang di kayu yang telah diserang tersebut, misalnya rayap Cryptotermes.
Akan tetapi penyemprotan itu hanya membasmi rayap yang berada di kayu saja. Yang bersarang di tanah tetap aman. Cara ini perlu dikombinasikan dengan injeksi termitisida ke dalam tanah di sepanjang fondasi bangunan.

Yang kedua dengan menggunakan pengumpan teknologi sentricon. Metode pengendalian ini lebih ramah lingkungan, karena langsung menyerang rayap dan koloninya. Pengumpan sentricon ini terdiri atas dua buah alat. Pertama sebuah pengumpan yang ditempatkan di dinding atau kusen yang menjadi jaur rayap. Sebuah lagi berupa detektor rayap yang ditanam di tanah.

Pada kedua alat tadi ter­da­pat semacam tisu yang men­jadi makanan rayap. Tisu ini meng­­­an­dung heksaflumuron, enzim hormon yang menekan metabolisme pertumbuhan rayap, dan akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat dipasang, rayap akan datang, memakan dan mendistribusikan tisu ini keseluruh koloni. Pada akhirnya seluruh koloni rayap akan teracuni. Termasuk yang berada di dalam tanah. Dalam waktu 8 minggu koloni rayap akan mati.